dodge tomahawk

dodge tomahawk

Wednesday 27 August 2008

SULIT,TERAPKAN PELAYANAN KESEHATAN SECARA GRATIS

Isu pelayanan kesehatan gratis sering dimanfaatkan sebagai senjata pemikat pada masa pemilihan kepala daerah.namun secara aplikatif program pelayanan ini sanagt sulit untuk diberlakukan nantinya.

Mengenai Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin (Jamkesmas),bantuan dana dari pemerintah diharapkan tidak diberikan pasca pengajuan klaim,sementara itu Ketua Arsada Dr.Hanna Perman S.MARS berpendapat,wacana pelayanan kesehatan pada masyarakat miskin dan pembiayaan gratis saat kepentinagn pilkada boleh saja,tapi dalm pelaksanaannya pemda juga harus turut membayar rumah sakit.apalagi tariff rumah sakit daerah dibatasi oleh peraturan daerahnya masing-masing.

Rata-rata biaya rawat dirumah sakit untuk kelas 3 berkisar Rp.45.000 – Rp.55.000/hari. Namun banyak juga daerah yang menetapkan biaya rumah sakit untuk kelas 3 Rp.20.000-Rp.25.000/harinya.

Menurutnya juga,kalau memang meniatkan untuk digratiskan,pemerintah daerah harus siap menanggung beban biaya untuk penanganan pasien termasuk obat dan perawatan.Pemahaman tentang besaran tariff harus dimengerti pemerintah untuk mewujudkan pelayanan yang mumpuni.

No comments: