dodge tomahawk

dodge tomahawk

Tuesday 26 August 2008

Pendahuluan

Pada era globalisasi ini suatu bisnis dapat berkembang dengan baik jika ditopang dengan unsur unsur yang baik diantaranya permodalan, sumberdaya manusia, serta teknologi yang baik. Dahulu bisnis diindonesia berjalan seperti biasanya susuai dengan kebutuhan masyarakat pada waktu itu dimana tidak terlalu dituntut mngenai kecepatan dan ketepatan dalam memberi pelayanan kepada nasabahnya, akan tetapi bisnis pada jaman sekarang sangatlah penting ketepatan dan kecepatan untuk menjaga kepusan pelanggan agar produk dan jasa kita dapat terus diminati oleh para konsumen.

Kepuasan pelanggan pada bisnis sekarang sangatlah penting dikarenakan kepusan pelanggan itulah yang menjadi tolak ukur dalam menilai keberhasilan pelayanan perusahaan / bisnis yang berjalan pada masa sekarang, Kepuasan pelanggan akan menciptakan konsumen loyalty yang berati konsumen akan loyal terhadap produk / jasa yang ditwarkan oleh perusahaan.

Perusahaan jasa adalah perusahaan yang pada produknya menjual suatu layanan yang memiliki nilai dan mafaat bagi para konsunnya, karena jasa memiliki sifat dasar diantaranya intangibility, inseparability, perishability dan variability, maka perusahaan jasa dalam melakukan bisnisnya haruslah menawarkan suatu produk yang unik dan dibutuhkan oleh masyarakat agar dalam perjalanan bisnisnya dapat berkembang dengan adanya kebutuhan yang belum terpenuhi dari masyarkat luas.

Dalam paper ini saya sebagai mahasiswa MM Widyatama akan menjelaskan suatu rancangan bisnis yang bergerak dibidang jasa, dimana bisnis ini bergerak dalam melakukan penyediaan jasa tenaga ahli dimana konsumen yang menjadi targetnya adalah perusahaan perusahaan serta lembaga lembaga yang membutuhkan tenaga ahli untuk melatih dan mengembangkan sumber daya manusia pada perusahaannya.

Dalam bisnis ini perushaan yang akan dibuat adalah perushaan jasa yang mengunakan ERP ( Enterprise Resource palning ) dalam menjalankan usahanya. Erp adalah suatu software yang didalamnya terjadi integrated atau kesatuan data dari modul modulnya yang juga merupakan unit bisnis didalam suatu perusahaan, diantaranya adalah

  1. Finance and Accounting are
  2. Suplly and procurement are
  3. Manufacture are
  4. Logistic area
  5. Distribusi area
  6. Human resource are
  7. Plant maintenance are
  8. Customer relationship are

Juga beberapa vendor ERP yang ada adalah :

- SAP

- MFG / PRO

- Oracle

- IFT

- AXAPTA

- DLL

Dasar Pemikiran

Penggunaan ERP pada perusahaan ini sangatlah penting karena dalam perusahaan ini akan mengumpulkan data para expert ( tenaga ahli ) yang mau bergabung pada perusahaan ini dan disimpan sebagai suatu data base.

Dalam mata kuliah ERP oleh Herianto Prabowo ERP pada rumah sakit dapat dijadikan bisnis yaitu dengan mengumpulkan medichal record pasien yang kemudian disajikan kepada konsumen yang membutuhkan.

Maka dalam proses bisnis yang baru ini saya akan menjelaskan dimana perusahaan jasa ini menyediakan suatu jasa mengenai expet history ( history tenaga ahli ) yang berguna untuk bagi para perusahaan yang memiliki kesuliatan dalam suatu bisnisnya dikarenakan kekurangan dalam sumber daya manusianya dalam mengelola bisnis dalam perusahaan tersebut.

Maka hadirnya perusahaan ini untuk memecahkan masalah yang terjadi pada persuhaan tersebut dimana akan membantu dengan cara menyediakan data bagi para konsumen ( perusahaan ) untuk dapat memilih dan mengunakan jasa para expert kami yang sifatnya hanya sementara, karena perusahaan ini tidak menyediakan layanan yang permanen akan tetapi hanya sementara untuk memecahkan permasalahan yang timbul pada suatu perusahaan.

Timbulnya ide bisnis ini dikarenakan sulitnya mencari tenaga ahli yang dapat memenuhi kebutuhan suatu perusahaan, seringkali perusahaan melakukan rekruitmen untuk mendapatkan expert untuk menjalankan perusahaannya, akan tetapi sulit mencari yang tepat dikarenkkaan. Perusahaan yang mereka jalankan bukan memiliki core bisnis dalam mencari sumber daya manusia akan tetapi dalam memprosuksi barang dan jasa, maka sering kali terjadi salah pilih dalam melakukan bisnisnya.

Pembahasan

Dalam sub bidang ini akan dijelasakan secara detail bagai mana perusahaan ini dapat berjalan, keuntungan yang didapat, serta bagaimana bisnis akan melahirkan suatu bisnis bisnis yang lebih baik dimasa yang akan datang.

  1. Proses Bisnins

Perusahaan jasa expert akan melakukan kerjasama dengan para tenaga ahli yang ada, perusahaan ini akan melakukan pendataan secara spesifikaasi mengenai tenaga ahlinya , dimana data yang dikumpulkan diantanya adalah keahlian pekerjaan yang dimiliki ( seberapa tepat dalam memecahkan suatu kasus), cara kerja (metode yang akan digunakan), Jangka waktu ( berapa lama proses pekerjaannya ), serta dampak dari pemecahaan masalah tersebut.

Setelah itu perusahaan akan menawarkan jasa tenaga ahli tersebut kepada perusahaan yang membutuhkan melalui suatu situs website, dimana pada wesite tersebut akan menampilkan list.

- jenis pekerjaan

- tenaga ahlinya

- metodenya

- hasil penyelesaiannya

Tenaga Ahli yang disediakan diantara lain

  1. Pilot
  2. Tenaga pengajar
  3. Ahli teknik
  4. arsitek
  5. dokter
  6. pembicara (seminar)
  7. pemandu acara
  8. akuntan
  9. finance
  10. juru masak
  11. dll

Diatasa adalah contoh tenaga ahli yang disediakan oleh perusahaan jasa expert yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang tersjadi pada perusahaannya.


Perusahaan yang menjadi target market bisnis ini

  1. Rumah sakit
  2. Restoran dan café
  3. perusahaan manufacture
  4. perusahaan Konstruksi
  5. perusahaan keuangan / bank
  6. organisasi
  7. lembaga pemerintahaan

Perusahaan juga dapat melkukan kolaborasi dari para ahli yang dimiliki guna menciptakan suatu pengembangan bisnis pada suatu perusahaan karena mereaka memiliki keahlian dalam bidangnya.

Keuntungan bagi para expert adalah mendapatkan fee dalam melakukan tugasnya serta dapat bekerja sesuai dengan keahlian yang dimilkinya, Hal yang dominan dan menguntungkan adalah tenaga ahli yang bergabung dengan perusahaan ini tidak terikat dengan waktu dimana mereka tetap dapat melakukan aktivitasnya secara normal dan dapat mendapatkan pekerjaan tambahan.

Mekanisme kerja secara detail









Right Arrow: Seleksi  Para tenaga ahli

Oval: Perusahaan Jasa Expert



Tenaga

Ahli




Perusahaan jasa expert melakukan seleksi dengan memilih para ahli yang sangat megusai bidangnya, Contoh

Seorang Pilot akan dinilai dari berpa lama jam terbangnya, jenis pesawat apa saja yang pernah diterbangkan, pengetahuan atas jenis pesawat dan pengetahuan penyelesaian masalah jika terjadi gangguan teknis dalam perjalanan dan bagaimana cara mendaratkan pesawat dalam keadaan darurat.

Maka setelah data tersebut terkumpul akan dilakukan pengumpulan data dengan penggunaan data base maka pada website perusahaan akan menampilkan data diatas dengan lengkap yang besiriskan.

  1. Nama
  2. Alamat
  3. Keahlian
  4. Foto Terakhir
  5. usia
  6. asal daerah
  7. tinggi badan
  8. jadwal kerja ( kegitan yang sedang dilaksanakan )

dll









Oval: Perusahaan Jasa Expert


Right Arrow: Penyediaan  Tenaga ahli

Perusahaan

Konsumen



Pada skema diatas peusahaan / konsumen akan memilih sendiri tenaga ahli yang mereka butuhkan dengan melakukan konsultasi dengan perusahaan jasa expert mengenai baik buruk dan penyelesaian yang akan diterima secara online melaui website yagn disediakan.

Setelah terjadi pemesanan akan tenaga ahli maka jadwal akan disusun untuk scedule dalam penyelesaian masah pada perusahaan tersebut, penyelesaian dapat dilakukan ditempat atau dengan cara online.

Alur pekerjaan dan Alur uang dalam perusahaan


Keuntungan yang didapat

Perusahaan Jasa expert akan mendapatkan keuntungan pembayaran fee / comisi dari penyediaan tenaga ahli dalam suatu perusahaan. Serta Perusahaan juga mendapatkan informasi mengenai penyelesaian masalah yang dijalankan oleh para ahli.

Kesimpulan

Pesuahaan diatas memiliki prospek yang baik dalam bisnis pada masa ini dikarenakan perusahaan diatas melakukan suatu usaha pendataan yang mengunakan modul ERP guna dapat dijalankan secara bersamaan hingga menghasilkan suatu informasi yang diolah menjadi suatu data yang bertujuan meningkat social knowlage sehingga dapat membantu para konsumrnnya dalam menyelesaikan suatu masalah.

Kelebihan lain kita dapat mengetahui informasi dari perusahaan klien kita dan pada masa yang akan datang dapat membuat bisnis bisnis yang lebih menguntungkan oleh dasar dari pengalaman perusahaan yang sudah ada.

ERP diterapkan dalam fungsinya melakukan integrasi data data yang dimilki para ahli dengan sistem billing perusahaan untuk konsumennya, semua proses dijalankan melalui online. Serta mengunakan software ERP guna mempermudah dalam penyajian data.

No comments: