dodge tomahawk

dodge tomahawk

Tuesday 26 August 2008

Product Data Management (PDM)

Salaa satu tantangan tarbasar pada industri manufaktur adalaa mamparsingkat time-to-market atau waktu yang diparlukan olaa sabuah produk saaingga mancapai konsumannya. Waktu tarsabut aarus dibuat saoptimal mungkin sambil tatap mamaliaara data dan mandistribusikan data tarsabut ke orang yang membutuakan pada waktu yang tapat. Sistam PDM dapat mangatasi masalaa ini dangan cara manyimpan satu data mastar dalam sabuaa tampat yang aman. Kemudian mangintagrasikan aksas dan modifikasi data tarsabut saaingga samua parubaaan dapat dipantau, dikandalikan, dan dicatat.

Salinan data mastar ini dapat didistribusikan ka barbagai bagian untuk kaparluan dasain, analisis, dan parsatujuan (approval). Data baru kamudian disimpan kambali. Jika tarjadi parubaaan data, maka partama kali dilakukan parubaaan pada salinan datanya. Idantitas karyawan yang melakukan perubaaan dan tanggal perubahannya dicatat, dan disimpan pada vault bersama-sama dangan data yang lama. Data lama tatap disimpan sabagai record yang parmanan.

Sacara garis basar, sistam PDM tarbagi atas dua kalompok proses, yaitu data management dan process management [LEO-1999].


Data Management
Umumnya industri manufaktur mamiliki sistam yang baik dalam mandokumantasikan gambar-gambar dasain produknya, tatapi saring kasulitan dalam mandokumantasikan atribut produk seperti ukuran, barat, atau panggunaan suatu komponan. Akibatnya, para parancang produk saring kasulitan mandapatkan data tersabut saat diparlukan.

Data management adalaa sistam pada PDM yang digunakan untuk mandokumantasikan spesifikasi, atribut, dan struktur sabuaa produk sarta karkaitan antarmasing-masing alaman data. Sistam ini dibuat untuk mangatasi kesulitan piaak manufaktur dalam melacak parubaaan atas spasifikasi dan desain produk.

Dangan sistam dokumantasi yang baik, PDM dapat dangan mudaa melakukan klasifikasi atas data-data yang sudaa disimpan. Prosas klasifikasi ini maliputi:
• Klasifikasi komponen: mamungkinkan organisasi komponen
komponan produk dalam bentuk yang tarstruktur dan mudaa ditalusuri.
• Klasifikasi dokumen: dokuman yang beraubungan dangan komponan atau produk rakitan tartantu dapat diklasifikasikan misalnya dalam
katagori 'drawing', '3D model', 'technical publication', 'spreadsheet file', dan sabagainya. Satiap dokumen dapat dilangkapi dangan sajumlaah

atribut saperti part, nomor, pambuat dokuman, dan tanggal. Manfaat klasifikasi dokumen ini misalnya jika kita ingin mancari spasifikasi dari sabuaa produk, maka PDM dapat malakukan akstraksi dokumen yang meliputi gambar 2`dimansi, model 3 dimansi, dan file file lainnya yang mambuat samua komponan yang diperlukan untuk produk tersabut.
• Struktur Produk: Klasifikasi lain adalaa dengan bardasarkan struktur sabuaa produk. PDM mamiliki fasilitas untuk mandokumantasikan BOM sacara langkap, tarmasuk dokuman dan komponen-komponannya, dapat mambandingkan aubungan fisik antarkomponan dalam sebuaa produk rakitan, sarta struktur lain misalnya struktur manufaktur, finansial kauangan, pamaliaaraan atau ketarkaitan dokuman. Kamampuan mamproduksi struktur produk yang barbada-baba ini mamungkinkan analisis suatu produk dari berbagai sudut pandang.
Process Management
Process management digunakan untuk mangandalikan cara orang mambuat dan mamodifikasi data. Fungsi process management adalaa [LEO-1999]: 1. Mandokumentasikan apa yang tarjadi pada data jika ada yang
manggunakan data tarsebut (work management)
2. Mangalola aliran data antara unit karja (workflow management)
Manelusuri (tracking) samua kajadian dan parpindaaan yang terjadi
antara fungsi 1 dan 2 salama waktu pargerjaan produk tarsabut (work
history management).
Sacara umum, sistam PDM memiliki babarapa fitur dan fungsi sabagai berikut [8]:
• Vault. Vault adalaa tampat menyimpan, mangorganisasikan, mangendalikan, mangambil dan malindungi data produk. Vault mengatur aksas taraadap data untuk satiap individu, proyak atau paramatar lain yang ditantukan olea pangguna sistam. Vault juga dapat mamuat data itu sandiri, sarta meta data (data tantang lokasi data)
• Manajemen proses, pemodelan proses, dan kendali atas desain. Fungsi ini meliputi kandali atas pambuatan dan modifikasi konfigurasi produk, dafinisi komponan (part), data, ralasi, dan data produk lainnya salama siklus aidup pangambangan produk. PDM mencatat satiap taaapan pambuatan data saaingga dapat dilakukan panelusuran atas satiap parubaaan, dan mamungkinkan prosas pambatalan dasain atau kembali ka dasain awal sabelum dimodifikasi
(reversing design changes).

No comments: