dodge tomahawk

dodge tomahawk

Friday 29 August 2008

JaWaban Ujian E - BusNess

Soal Tipe A
NO.1

E – Business adalah suatu bisnis yang menitik beratkan penggunaan teknologi informasi dalam mempermudahkan melakukan proses bisnisnya. Dalam melakukan E – business atau e – commerce harus ditunjang dengan pengunaan teknologi internet untuk meningkatkan proses bisnis pada perusahaan e – biness tersebut.

E – business merupakan suatu proses bisnis yang terpadu dengan mengunakan

- Software (integrated ERP)

- Hardware ( computer for Server )

- Network (system yang digunakan )

Dalam hal ini komponen diatas harus dapat bekerja secara terpadu sehingga menciptakan suatu kolaborsi value chain yang memiliki kinerja yang integrated melalaui pengelolaan satu atap.

No.2

Protal dapat meningkatkan produktivitas pekerja karena dalam suatu portal terdapat semua layanan yang dinutuhkan oleh seseorang pekerja, contoh : search engine, online store, library,comunitas information, dll. Portal adalah suatu website yang menyediakan semua layanan yang ada bagi para penggunanya, dengan hal tersbut maka pekerja dapat melakukan akses satu web portal dan mendapatkan semua kebutuhannya dalam menunjang pekerjaannya.

No. 3

Pervasive computing

Suatu lingkungan dimana semua orang dalam suatu lingkungan mengunakan teknologi khususnya teknologi computer dalam melakukan aktivitasnya sehari – hari , sehingga kehadirannya sudah tidak dianggap khusus lagi. Hal inilah yang akan menunjang berjalannya suatu e business.

No. 4

Suatu arsitektur yang berkembang menjadi E – business adalah jika perusahaan tersebut sudah melakukan penjualan atau melakukan trsansaksi bisnisnya mengunakan suatu software integrated yang terhubung dengan internet sehingga konsumen dapat melakukan order melalui suatu website yang disediakan, dalam hal ini komponennya harus menjadi kesatuan dalam melakukan proses businessnya.


Soal Tipe B

No. 1

AL Layanan yang ditwarkan : Kedua website ini memiliki kesamaan yaitu melakukan penawaran informasi tentang berbagai produk dan jasa.s ementara itu, Epinions lebih mengedepankan analisis tentang suatu produk tertentu.

Cri Craliglist memiliki value propostion dalam hal data tentang informasi produk dan jasa yang bersifat global sedangkan Epinions memiliki keunggulan dalam analisis tentang produk dan jasa tertentu.

C Dalam hal ini, Craiglist lebih berperan sebagai produk komplementer yakni sebagai provider

l Layanan informasi tentang berbagai macam produk dan jasa.sedangkan epinions lebih berperan sebagai partnering yaitu dengan menggunakan usernya sebagai partner dalam operasi bisnisnya.

D. Perbedaan kedua web tersebut

Keterangan

CRAIGLISTS

EPINIONS

Tampilan dan fitur

Sederhana karena hanya berupa list

Lebih dinamis dan interaktif,sama seperti layaknya web

Kualitas informasi

Lengkap karena didukung database yang lengkap

Kurang lengkap karena hanya berisi tentang opini user tentang suatu produk tertentu

Jenis dan tipe informasi

Acak

Lebih terfokus

Biaya operasional

Relative kecil karena perilaku operasiona tidak terlalu rumit

Relative tinggi karena memiliki perilaku operasional yang cukup rumit

Tujuan

Memberikan informasi berbagai macam produk kepada user

Bertujuan untuk menciptakan user sebagai konsumen yang pintar

Layanan yang ditawarkan

Informasi tentang produk dan jasa

Perbandingan atau komparasi terhadap suatu produk tertentu

Value proposition

Kuantitas database yang sangat besar

Opini tentang produk tertentu dari berbagai macam pihak yang dapat dipertanggungjawabkan

No. 2

A. protocol = seperangkat aturan yang mengatur secara tepat format komunikasi antar sistem. Sebagai contoh, protokol HTTP mengatur format komunikasi antara browser web dan browser server. Protokol IMAP mengatur format komunikasi antara server email IMAP dengan klien. Tiga aspek utama komunikasi yang diperhatikan oleh protokol adalah: bagaimana data direpresentasikan dan dikodekan, bagaimana ditransmisikan, dan bagaimana kesalahan dan kegagalan diketahui dan ditangani.

B. Internet (kependekan daripada perkataan 'interconnected-networking') ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

C. Alamat IP (Internet Protocol), yaitu sistem pengalamatan di network yang direpresentasikan dengan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan antara 0 s/d 255 yang masing-masing dipisahkan oleh tanda titik (.), mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255.IP address panjangnya 32 bit dan dibagi menjadi dua bagian: bagian network dan bagian host. Dengan kata lain suatu deretan bilangan unik yang terdiri dari 32 bit (digit biner) dan terbagi dalam 4 oktet yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu host atau computer di internet. Suatu computer tidak akan pernah dapat terkoneksi atau menjadi bagian dari jaringan jika tidak memiliki IP address meskipun jaringan tersebut hanya berupa jaringan local dan tidak terhubung ke jaringan internet.

D. Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name, Domain atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada dunia internet. Domain terdiri dari 2 atau lebih bagian yang dipisahkan oleh titik. Misal : balaiweb.com, balaiweb.info, dsb. Nama domain sendiri mempunyai identifikasi ekstensi/akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut. Contoh nama domain ber-ekstensi internasional adalah com, net, org, info, biz, name, ws. Contoh nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah co.id (untuk nama domain website perusahaan), ac.id (nama domain website pendidikan), go.id (nama domain website instansi pemerintah), or.id (nama domain website organisasi).

E. DNS merupakan sistem database yang terdistribusi yang digunakan untuk pencarian nama komputer di jaringan yang menggunakan TCP/IP. DNS mempunyai kelebihan ukuran database yang tidak terbatas dan juga mempunyai performa yang baik. DNS merupakan aplikasi pelayanan di internet untuk menterjemahkan domain name ke alamat IP dan juga sebaliknya. DNS dapat dianalogikan sebagai pemakaian buku telefon dimana orang yang ingin kita hubungi, berdasarkan nama untuk menghubunginya dan menekan nomor telefon berdasarkan nomor dari buku telefon tersebut. Hal ini terjadi karena komputer bekerja berdasarkan angka, dan manusia lebih cenderung bekerja berdasarkan nama. Misalkan domain name yahoo.com mempunyai alamat IP 202.68.0.134, tentu mengingat nama komputer lebih mudah dibandingkan dengan mengingat alamat IP.

F. Hosting atau biasa disebut sebagai web hosting adalah layanan penyewaan ruang simpan data (space) yang digunakan untuk menyimpan data - data website agar halaman website tersebut bisa diakses dari mana saja. Data web tersebut meliputi file - file html, php script, cgi script, css, image, database, dan file lain yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman web.Selain menyimpan file - file tersebut di atas, biasanya web hostng juga memberikan fasilitas e-mail.

G. APPLICATION LAYER. layerini bertanggung jawab mengirimkan data ke user (sampai bisa dilihat oleh user). APPLICATION LAYER memutuskan apa yang akan dilakukan dengan data setelah selesai ditransmisikan. Contoh: protocol HTTP (untuk World Wide Web) membuat browser tahu untuk menampilkan grafik sebagai gambar bukan sebagai stream data. Beberapa contoh protokol ini adalah : SMTP, POP, dan IMAP untuk email; FTP untuk file transfer; NFS untuk file access; NNTP untuk news transfer; Gnutella, FastTrack, and Freenet untuk file sharing.

H. Database layer,merupakan lapisan yang di dalamnya berisi data-data pendukung dari aplikasi atau yang dipakai.Misalnya, data tentang karyawan suatu perusahaan biasanya disimpan dalam sebuah aplikasi pada bagian database(database layer).

Soal Tipe C

Perbedaan B2B dan B2C

B2B

Merupakan suatu pemasaran produk atau jasa diantara bisnis dalam hal ini produsen keprodusen atau pada transaksi dalam satu lingkungan perusahaan.

Produk yang ditawarkan pada B2B memiliki dpesifikasi yang lebih customize atau lebih sepesifik sesuai dari permintaan bisnis lain yang membutuhkan.

Dari segi harga B2B lebih murah karena prosuk yang ditawarkan akan dijual kembali sebagai barang jadi atau menjadi suatu bahan baku dari perusahaan lain.

Pemasaran produk B2B dilakukan oleh semua divisi yang terdapat pada suatu perusahaan.

Perusahaan B2B selalu mengutamakan brand image sehingga produk yang dijula meiliki kualitas yang baik dan hannya memiliki sedikin jenis produk karena system bisnis ini bekerja lebih focus.

B2C

Merupakan suatu pemasaran produk atau jasa dari produsen (bisnis) kepada para konsumennya (customer)

Produk B2C lebih standard atau tidak memiliki keunikan diatara prosuduk yang ditawarkan

Segi harga yang ditawarkan lebih mahal dibandingkan dengan B2B karena dalam bisnis ini produsen langsung menjual kepada end user.

Barang dan jasa perusahaan B2C dipasarkan oleh bagian pemasaran saja tidak oleh semua divisi pada suatu perusahaan.

Pada perusahaan ini lebih mengutamakan varian produk dibandingkan dengan kualitas produk, dengan hal ini konsumen akan mendapt lebih banyak pilihan dibandingkan produk B2B

Pemesanan barang dapat dilakukan dengan kuantitas yang lebih sedikit dibandingkan dengan produk B2B.

No comments: