dodge tomahawk

dodge tomahawk

Wednesday 27 August 2008

Network Ekonomi

Ekonomi adalah sistem aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa. Kata "ekonomi" sendiri berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos), atau "peraturan, aturan, hukum," dan secara garis besar diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja. Ilmu yang mempelajari ekonomi disebut sebagai ilmu ekonomi.

Jaringan adalah suatu alat baik yang terlihat atau tidak yang mempunyai fungsi yang spesifik yaitu menghubungkan suatu organ dengan organ yang lain sehingga menghasilkan suatu keselarasan yang pada tujuannya menghasilkan suatu kinerja yang baik. Dalam dunia ekonomi jaringan lebih sering dikenal sebagai suatu alat yang menghubungkan fungsi fungsi bisnis pada suatu organisasi secara internal maupun eksternar (supplier)

Maka dari dua hal diatas jika kita hubungkan akan mendapatkan arti sebagai berikut Network ekonomi adalah suatu alat atau wadah dimana memiliki fungsi sebagai penghubung antara produsen dengan konsumen dimana fungsi akhirnya adalah dapat mendistribusikan barang atau jasa yang diproduksi oleh produsen kepada konsumen dengan segala informasi yang dibutuhkan oleh kedua belah pihak

Network ekonomi dapat dilakukan dengan beberapa cara secara manual ataupun secara teknologi, pada ekonomi global sekarang ini network ekonomi seringkali digunakan dengan cara teknologi yaitu menggunakan internet sebagai alat bantu dalam menciptakan network ekonomi.

Hal diatas dilakukan karena dalam globalisasi menganut system “think global and act local ’’ yang berarti bahwa perusahaan global tidak akan melakukan investasi disemua negara didunia ini akan tetapi mereka akan melakukan penjualan produk dan jasanya kepada seluruh negara diseluruh dunia dengan mengunnakan suatu network ekonomi yang mengunakan fasilias internet dalam melakukan transaksi bisnisnya.

Secara manual network ekonomi juga dapat dilakukan jika konsumen dan produsen memiliki jarak yang tidak terlalu jauh dan masih dapat dijangkau, system ini terjadi karena ada kesepahaman mengenai tempat yang akan dituju dalam melakukan suatu transaksi bisnis, contoh dalam keseharian untuk mendapatkan bahan pangan biasanya konsumen akan pergi ke pasar, supermarket, dll. Maka dengan menyadari hal tersebut produsen bahan panganpun akan melakukan hal yang sama mereka akan menawarkan produk dan jasanya ditempat yang sama, maka dengan memilki kesepahaman yang sama terciptalah suatu network ekonomi dalam pengadaan bahan pangan.

Dua puluh tahun kebelakan ada beberapa perusahaan yang membangun network ekonomi melalui dua kombinasi system diatas yaitu jaringan bisnis yang dilakukan pada bidang marketing atau yang lebih sering kita kenal (MLM) multi level marketing, network ekonomi pada bisnis ini dilakukan melaui kombinasi, yaitu mengunakan teknologi dan juga menggunakan cara manual, dalam mendristribusikan barang dan jasanya.

Dalam system ini person dalam bisnis ini berinteraksi secara maual dalam berbagi informasi akan tetapi transaksi bisnisnya dilakukan secara global dimana pencatatan dan history record dilakukan pada pusat perusahaan yang berada pada suatu Negara

Kesimpulan

Network ekonomi merupakan suatu alat yang dapat menghubungkan informasi yang dibutuhkan akan produk dan jasa, yang ditujukan agar terjadinya interaksi antara prosusen atau konsumen.

Hal diatas dapat dilakukan dengan mengunakan suatu tempat atau alat yang dapat digunakan sebagai penghubung seperti internet jika transaksi nya dilakukan secara digital. Yang tujuan utamanya adalah untuk memuaskan kebutuhan manusia.

No comments: