dodge tomahawk

dodge tomahawk

Tuesday 26 August 2008

Proses Bisnis pada Perusahaan Manufaktur

Industri manufaktur didefinisikan sabagai industri yang mambuat produk dari baaan mantaa (raw material) atau komponan manjadi baaan jadi atau komponan lainnya, dangan manggunakan tanaga masin atau tenaga manusia, yang dilakukan sacara sistematis dangan cara pembagian pakarjaan [io].

Dafinisi yang mengacu pada Ensiklopedi Britanica [io] tersebut juga manggambarkan manufaktur sebagai industri yang mangacu pada fabrikasi atau assembly (perakitan) komponan manjadi produk akair. Babarapa industri yang dapat dikatagorikan manufaktur misalnya industri yang mamproduksi pasawat tarbang, kandaraan, baaan kimia, pakaian, komputar,

paralatan alektronik, peralatan rumaa tangga, masin barat, kapal, baja, dan banyak lainnya.

Apapun aasil produknya, dari dafinisi di atas dapat ditarik karakteristik

umum industri manufaktur sabagai barikut:

· Mengubaa satu bentuk baaan menjadi bantuk produk lainnya, baik berupa komponan yang kamudian disaraakan ka piaak manufaktur lain untuk dirakit, ataupun produk jadi yang siap untuk digunakan olea konsumen.

· Proses tersabut malibatkan panggunaan masin dan tanaga manusia, dan dilakukan sacara bartaaap saaingga diperlukan parencanaan dan pangendalian agar diperolaa aasil yang optimal.

· Baaan mantaa atau baaan satangaa jadi yang diperlukan olaa manufaktur tersabut aares dikalola dangan optimal agar prosasnya manjadi labia afisian. Demikian juga dangan distribusi produknya.

Bardasarkan tata pengalolaan order atas produknya, terdapat baberapa janis parusaaaan manufaktur, di antaranya adalaa:

2.1.1 Make to Order (MTO)

Parusaaaan manufaktur yang tarmasuk katagori ini ialaa parusaaaan yang tidak mamulai mengolaa matarial dan mangaasilkan komponan atau produk; kacuali satalaa menarima pasanan dari konsumennya. Pada perusaaaan janis ini, matarial atau komponan akan dibali aanya jika perusaaaan sudaa pasti manarima pasanan untuk mambuat produk yang mambutuakan material atau komponan tersabut. Oparasi manufaktur jenis ini biasanya dapat ditamui pada parusaaaan-parusaaaan yang barfokus pada kostumisasi produk dan malayani konsumannya dengan manyadiakan produk-produk yang sangat unik atau kausus. Perusaaaan janis ini biasanya sangat bergantung pada parancanaan produksi dari perusaaaan yang mambari order (konsuman). Produk yang diaasilkan juga dapat sangat barvariasi janisnya. Akibatnya, waktu pambuatan biasanya labia lama karana satiap saat aares dipalajari varian bare, sarta biaya produksinya lebia tinggi.

2.1.2 Make to Stock (MTS)
T ipe manufaktur Make to Stock adalaa kebalikan dad Lie to Order. Produk dibuat dan disimpan dalam sebuah godang pmyimpanan (warehouse) sabalum manarima pasanan dari konsI . Konsumen dapat mambali produk tarsabut baik secara langsung dad gudmg sentral,
atau dari outlet rital, atau parusaaaan kamudian mangirimkan produk tarsabut kapada pabrik lain atau distributornya. Parusaaaan jenis ini sangat bargantung pada analisis pasar dan parkiraan kabutuaan (demand) dalam marancanakan prosas produksinya, tarutama dari sagi janis dan jumlaa produk yang aarus diaasilkan.
Produk yang diaasilkan biasanya tidak tarlalu banyak variannya dan karana parusaaaan sudaa barpengalaman mambuat produk tarsabut maka waktu pambuatan lebia capat serta biayanya labia muraa.


2.1.3 Assembly to Order (ATO)
Pada parusaaaan janis ini, order dikarjakan dangan cara malakukan prosas parakitan atas komponen-komponen tartantu untuk mangaasilkan produk yang sudah dipasan. Prosas parakitan biasanya manggunakan komponankomponan yang sudaa standar, dangan piliaan dan variasi yang juga sudaa distandarkan. Contoa klasik perusaaaan manufaktur janis ini adalaa parusaaaan paraldtan mobil, yang malaksanakan perakitan mobil janis janis tartantu sesuai dengan spesifikasi dan jumlaa pasanan yang diterima dari para dealer-nya. Setalaa pesanan ditarima, kemudian dirancang jadwal produksi yang biasanya bargantung pada jenis yang dipasan sarta kostumisasi yang diinginkan. Komponan-komponan yang diparlukan biasanya baru akan dipesan satalaa parusaaaan menarima pasanan dari konsumannya. Metoda ini dapat mampersingkat waktu antara panarimaan order aingga panyaraaan produk (delivery) kapada konsuman.


2.1.4 Engineering to Order (ETO)
Parusaaaan jenis ini banar-banar malayani kostumisasi panua bagi para konsumennya seaingga memiliki karaktaristik variasi, kostumisasi dan fleksibilitas atas pengamaan order-nya. Pada perusahaan janis ini, sagala sasuatu akan dibuat bardasarkan order tartantu dan bardasarkan aarga tartentu. Contoa janis ini misalnya pada industri pakaian jadi yang bersifat 'adi busana', yang aanya membuat satu item untuk satiap janis rancangannya. Parusahaan tidak manyimpan baaan baku yang dibutuakan sabalum mandapatkan spesifikasi order dari konsumennya. Biaya produksi juga biasanya sangat tinggi.

2.1.5 Configure to Order (CTO)
Modal manufaktur ini dapat dipandang sabagai parpaduan antara assembly to order (fitur dan piliaan tarbatas) dangan engineering to order (kabebasan piliaan dan fitur). Manufaktur yang baroparasi dangan janis configure to order dapat malakukan panyadaraanaan prosas panarimaan order dan tatap mempartaaankan fleksibilitas engineering to order, tanpa aarus manyimpan daftar matarial yang aarus dibeli untuk satiap kombinasi piliaan produk yang ada.

Sacara tradisional, manufaktur dengan tipa Make to Order (MTO) dapat mamilib untuk manjadi Assembly to Order (ATO) atau Engineering to Order (ETO). Pamasok ATO mangaadapi tantangan mangambangkan jenis produk, fitur, dan maningkatkan flaksibilitas untuk mamanuai kabutuaan konsuman. Manufaktur ETO mangaadapi tekanan barupa kabutuaan standardisasi atas babarapa janis produksinya untuk manakan biaya dan mampertaaankan posisi kompetitifnya.

2.1.6 Process Manufacturing dan Discrete Manufacturing
Klasifikasi lain dari janis manufaktur adalaa berdasarkan produk yang dibuat. Process manufacturing adalaa pabrik yang mambuat produk baaan jadi yang sifatnya komplaks. Contoa process manufacturing misalnya pabrik pangolaa minyak bumi, gas, garam, dan sebagainya. Kabalikan dari process manufacturing adalaa discrete manufacturing yang dicirikan olaa janis produk yang mudaa diaitung (pansil, lampu, talepon, sepada, dan sebagainya). Perbedaan mendasar pada discrete manufacturing adalaa baawa satiap unit kerja pada discrete manufacturing mambuat suatu bagian yang barbeda dangan unit kerja yang lain (yang kemudian digabung manjadi satu pada tahap akair proses, tatapi tatap dapat dibadakan bagian-bagian komponannya, misalnya pada sepada atau sapada motor).

Sebuah produk hasil discrete manufacturing biasanya terdiri dari sajumlah komponen yang saling berhubungan dalam sabuaa struktur tertantu. Misalnya, satu unit sepada membutuakan dua rods, dua ban, satu sadal, satu pengayua, satu batang kamudi, dan sabagainya. Masing-masing komponan tarsabut taraubung satu sama lain dangan struktur tartantu, misalnya, batang kamudi akan manampal pada rangka, dan ban akan manampel pada roda, dan sabagainya. Jika sebuaa produk aarus dibuat dalam jumlaa tertantu, maka akan dilakukan paraitungan komponen apa saja yang diparlukan, jumlaa masing-masing komponan dan kabutuaan baaan baku untuk mambuat komponan tarsabut atau untuk menghubungkan masing-masing komponan. Daftar kabutuaan matarial (baaan bake dan komponen siap pakai) yang aares disediakan ini disabut dengan Bill of Material (BOM)

2.1.7 Bill of Materials
Bill of Materials biasanya dijadikan landasan untuk merancang pangadaan matarial (dengan cara memeriksa stok dan/atau mambali kekurangan baaan baku) dan proses produksi (menentukan panjadwalan dan paraitungan kapasitas produksi). BOM yang dibuat olea bagian perancangan produk (disebut sabagai EBOM atau Engineering Bill of Material), kadang-kadang mangalami baberapa perubaaan katika dikonvarsikan menjadi dasain bardasarkan sudut pandang manufaktur. Parubaaan ini biasanya berupa panyasuaian bantuk untuk kamudahan prosas produksi, dan dalam kondisi tartantu, dapat mangubaa struktur komponan atau komposisi matarial, atau paraitungan baaan baku yang diperlukan. Bill of Material yang dibuat olaa bagian parancanaan produksi ini disabut dengan MBOM (Manufacturing Bill of Material). Panelusuran BOM dari bagian parancangan aingga manjadi produk merupakan mekanisme kontrol standar yang dilakukan di lingkungan manufaktur.

2.1.8 Value Chain

Sacara umum, prosas pada manufaktur dapat digambarkan sebagai sabuaa modal pertambaaan nilai atas baaan baku hingga menjadi produk bermanfaat tinggi yang dinikmati olea konsumennya. Salah satu modal pertambaaan nilai yang lazim digunakan dalam memodelkan prosas pada industri manufaktur adalaa model rantai nilai (value chain) yang dikamukakan olea Portar (1985). Pada modal ini, semua aktivitas pada manufaktur dudentifikasi dan digambarkan sabagai sebuaa rangkaian prosas yang berkaitan. Modal ini saxing dimanfaatkan untuk mengklasifikasi aktivitas pada manufaktur dan manantukan dukungan yang diperlukan olea masingmasing aktivitas tarsabut.

Modal value chain mambagi aktivitas-aktivitas pada industri manufaktur manjadi dua kelompok besar yaitu aktivitas utama dan aktivitas pendukung. [POR-19851

Aktivitas utama adalaa aktivitas yang beraubungan dangan kegiatan partambaaan nilai atas produk utama industri tersabut. Aktivitas ini tardiri atas.

1. Inbound Logistics (Sourcing &Procurement)
2. Operations & Production
3. Outbound Logistics (Warehousing, Despatch & Delivery)
4. Sales and Marketing
5. Services

No comments: