dodge tomahawk

dodge tomahawk

Tuesday 26 August 2008

cara Perusahaan Menetapkan Harga

Perusahaan-perusahaan melakukan penetapan harganya dengan berbagai cara. Di' perusahaan-perusahaan kecil, harga sering ditetapkan pimpinan tertinggi. Di perusahaanperusahaan besar, penetapan harga ditangani manajer divisi dan- lini produk. Bahkan di sini, manajemen puncak menetapkan tujuan dan kebijakan umum penetapan harga serta sering memberikan persetujuan atas harga yang diusulkan lapis manajemen yang lebih rendah. Dalam industri yang penetapan harganya merupakan faktor utama (perusahaan penerbangan, keretaapi, minyak), perusahaan-perusahaan akan sering membentuk departemen penetapan harga untuk menetapkan atau membantu bagian lain menetapkan harga yang tepat. Departemen ini melapor kepada departemen pemasaran, departemen keuangan, atau manajemen puncak. Pihak-pihak lain yang berpengaruh terhadap penetapan harga meliputi manajer penjualan, manajer produksi, manajer keuangan, dan akuntan.
Para eksekutif mengeluh bahwa penetapan harga itu sangat memusingkan-dan merupakan hal yang semakin jelek dari hari ke hari. Banyak perusahaan tidak menangani penetapan harga dengan baik, dan menyerah pada "strategi-strategi" seperti ini: "Kita menetapkan biaya kita dan mengambil margin tradisional industri kita." Kesalahan umum lainnya adalah: Harga tidak cukup sering direvisi untuk mengkapitalisasi perubahan pasar; harga adalah perangkat independen dari sisa bauran pemasaran dan bukannya sebagai unsur intrinsik dari strategi penentuan posisi pasar; dan harga tidak cukup bervariasi untuk butir-butir produk, segmen pasar, saluran distribusi, dan kesempatan pembelian yang berbeda.
Yang lain memiliki sikap yang berbeda. Mereka menggunakan harga sebagai alat strategis penting.5 Mereka mengkustomisasi harga dan penawaran barbasis pada nilai dan biaya segmen.

No comments: